Project Teroris (Terobosan Organisasi Kritis)

Melihat dari kenyataan yang ada mengenai belum terjangkaunya informasi serta pelayanan kesehatan yang merata di masyarakat yang dihubungkan dengan salah satu tugas mahasiswa dalam Tri Dharma Perguruan Tinggi khususnya pengabdian masyarakat. Berdasarkan latar belakang tersebut, kami meluncurkan program baru di bidang 4 HMKM yaitu TERORIS (TEROBOSAN ORGANISASI KRITIS). Program ini lebih mengarah ke pemberdayaan masyarakat, karena dalam pengabdian masyarakat kita tidak hanya mengabdi kemasyarakat tetapi kita juga harus memberdayakan masyarakat. Dengan program teroris ini kita dapat memberdayakan masyarakat melalui keikutsertaanya dalam program kerja HMKM. Kegiatan teroris ini menyasar KSPAN yg berada di sma n 2 denpasar. Mengapa kami menyasar kspan ? karena seperti yang kita ketahui, KSPAN yg berada di sekolah – sekolah bertugas untuk memberikan pengetahuan tentang reproduksi, HIV dan AIDS, serta Narkoba, kepada teman – temannya di sekolah. Oleh karena itulah kami menyasar kspan yg bertempat di sma n 2 denpasar ini. Kegiatan ini kami lakukan selama 3 kali terhadap kspan sma n 2 denpasar

Kegiatan ini dimulai pada tgl 17 maret 2012, tepatnya hari jumat pagi. Persiapan yang matang sudah kami siapkan pada pagi itu. Setelah persiapan fix, kami langsung berangkat menuju sma n 2 denpasar yang kebetukan jaraknya tidak jauh dari kampus. Kira – kira 15 menit kami sampai di sekolah tersebut. persiapan teknis pun langsung kami siapkan, dan akhirnya pemberian materi oun dimulai. Pemberian materi dilakukan selama 45 menit. Untuk materi pertama kami memberikan materi, setelah sesi pemberian materi selesai kami melanjutkan ke sesi diskusi. pada saat sesi diskusi kami mengemasnya dengan menggunakan metode diskusi kelompok, kami membentuk adik – adik disana dalam satu kelompok kecil, kemudian kami berikan mereka beberapa clue untuk mereka diskusikan bersama kelompoknya. Interaksi adik – adik disana pada saat itu sangat terlihat pada saat mereka melakukan diskusi dan mempresentasikan hasil diskusi mereka. Sekitar 20 menit berlalu sesi diskusi pun berakhir. kami kembali kekampus. Hari kedua kami lanjutkan dengan memberikan materi HIV dan AIDS, hari kedua juga kami lakukan dengan menggunakan metode diskusi, namun saying sekali pada hari kedua kami kesulitan untuk membuat kelompok kecil karena kondisi ruangan dengan setting yang berbeda, dikarenakan ruangannya akan digunakan oleh pihak sekolah untuk mengadakan acara, jadi kami tidak bisa merubah setting ruangan. Namun untungnya kami memberikan sebuah video untuk adik – adik disana, dengan video tersebut mereka dapat berdiskusi dengan interaktif pada saat itu. Setelah berlangsung selama satu jam akhirnya pemberian materi dan diskusi pun selesai. Dan kami kembali kekampus.

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

Hari terakhir kami laksanakan pada tanggal 31 maret 2012. Cukup jauh memang tanggal untuk hari berikutnya dari tgl awal yg kami tentukan yaitu tgl 26 maret 2012. Hal ini dikarenakan tgl 20 maret sampai tanggal 30 sekolah sedang ada ujian sekolah dan persiapan untuk mengikuti porjar dan psr, jadi kemudian kami kesulitan untuk menentukan jadwal. Untungnya pihak sekolah memberikan solusi kita diberikan jadwal tgl 30 maret untuk pemberian materi kesana. Hari terakhir kami memberikan materi IMS (Infeksi Menular Seksual), hari terakhir diadakan pemberian materi dan diskusi berupa game interaktif yang diberikan oleh pembicara. Pada saat game adik – adik dari kspan cukup interaktif dan mau ikut terlibat dalam setiap diskusi bersama kelompok mereka. 1 jam berlalu, akhirnya pemberian serta diskusi sesi terakhir pun sudah berakhir.

Project teroris belum berakhir sampai disini. Untuk selanjutnya kami akan melibatkan adik-adik kspan dalam program kerja hmkm.

  • Keep creative
  • Salam hangat HMKM
  • Hidup HMKM
HMKM C/RE/AT/IVE

Tinggalkan komentar